Friday, 27 June 2008

agenda mendesak: Selamatkan Indonesia

yap. itulah judul buku yg gw baca akhir2 ini. buatan amien rais. dan gw emang udah didoktrin sm kluarga gw bwt jd simpatisan amien.dan sampe skrng gw masi ga nemuin "kekotoran"nya. gw bcanya blom slese sih. merupakan tanggung jawab moral bagi gw klo jadi danlap harus lebih kenal kondisi bangsa.

dan gw nyesel baca buku itu. gw jadi tau betapa bodohnya bangsa kita. bodohnya semua presiden kita (hmm..kecuali sukarno kli ya).

dan kata-kata yg paling banyak gw baca adalah "korporatokrat". gimana semua kehidupan di bumi ini berasal atas satu motif: duit. bagemana korporasi2 besar (kebanyakan dari amerika) ngatur2 amerika sendiri, ngatur2 indonesia pula melalui lobi2 istananya. menyedot habis kekayaan kita dengan rakusnya. fak.

gile presiden kita bego/budek/tolol/pura-pura tolol sih? saham BI dbolehin bwt dijual ke asing sampe 99%, korporat2 asing bercokol seenak pantat dengan bagi hasil yg supergaadil (sementara kontraknya malah diperpanjang).dan kita gak berani bwt memperbaiki kontrak itu (padahal bisa,kalo 1 pihak dirugikan, tapi pemerintah kita terlalu pengecut bwt mw nego ulang).padahal, ekuador, brazil, venezuela yg udah ngelakuin itu ga nape-nape. mereka juga butuh kok.freeport jlas2 maen2 sm pajak, ngerusak ekosistem, ngebunuh suku asli, tapi malah dikasi nyawa ampe 2040an. busett..presiden eamng enaknya doang skrng,, ga mikir anak cucunya bsok gmn.

IMF dan WB nasi ngegerogotin kita sama utang bejibun. kita disuru ngutang mulu. HEY! LIAT TU THAILAND,KOREA,MEREKA UDAH GA PAKE UTANG2AN LAGI DAN UDAH MAJU!!
kita? lagi2 dgn pengecutnya mau2 aja ngalah sm IMF takut dikucilin ekonomi internasional..pengecut..mental inlander. warisan belanda. dan kita malah bangga2 "masi dapat kepercayaan bwt diberi utang". bego sumpah.

dan masi banyak kebegoan bangsa laen yg kebanyakan klo gw tulis disisni.males jg.

sedih deh. bisa dibilang novel sedih bwt yg cinta sama indonesia.

2 comments:

r e y t i a said...

seandainy smua orang mo banyak baca kayak elu.. haha. sayangnya g smua orang sadar ttg fakta ini, dan gue jg ngga ngerti knapa orang2 di atas sana ga mau melakukan hal yang kita pikirin. tapi kadang2 kepikiran ga sih, apa yang kita pikir kita pengen lakuin skrang akan berubah saat kita udah di posisi mereka? wallahualam

muhammad rizqy anandhika said...

Iya gw jg bpikiran bgitu..duit sm kekuasaan bkal membutakan smuany..jd sbenerny gw lbih ngarepin pemimpin slanjutny berani..trus bs ngubah sistem yg bobrok ini dr ats..klo nunggu smpe jaman kita gtau deh,,indonesia ud bubar kli.cm gw bingung aj klo negara laen bs,knp kita g?