Saturday, 27 December 2008

My 1st Pram's

yeah. gw baru baca buku pramoedya ananta toer yg judulnya "anak semua bangsa". gw beli pas gramedia diskon all item 30%. eh ternyata buku kedua..yg pertama "Bumi Manusia".

isinya..hmmm..manusiawi. bner bgt klo orng2 bilang buku2 pram nyentuh bgt segi kemanusiaan seseorang. tokoh didalamnya, Minke, kyknya si pram sendiri..gtau sih fiksi apa ga ni novel.

klo diliat Minke kira2 sm kyk gw lah nasipnya. lahir dari keluarga berkecukupan, mendapatkan pendidikan yg tinggi, cuma beda di jodohnya aja (jodoh Minke, Annelis wanita peranakan yg kyknya semurna bgt baik fisik maupun rohaninya). begitu manusia tak dibuat2 apa yg dipikirkan si Minke ini. si pengagum kebesaran Eropa. klo jaman skarang mungkin pengagum budaya barat. klo gw perhatiin, sekarang Indonesia bnyk org2 semacam Minke ini. tp ntah mendapatklan perjalanan kehidupan seperti dia apa ga.

mertua Minke, nyai ontosoroh, perempuan yang kelewat super utk jamannya. pribumi, dgn pikiran yg merdeka di tengah lemahnya mental bangsa terjajah.

Intinya novel ini menyajikan perjalanan kita di masa penjajahan belanda ketika jepang mulai berjaya di asia dan belanda mulai ketakutan akan kekuatannya..mengenai nasip petani yg dikebiri hak memiliki sawahnya karna kepentingan pabrik gula..nasip anak petinggi cantik yang dipaksa jadi gundik bos pabrik gula,tapi tetap mempertahankan kehormatanya (sementara ayahnya mendorongya utk mau saja, demi keberlangsungan karir si bapak)..dan lain2nya diceritakan dgn lezat.

juga bagaimana usaha si Minke utk dapat "mengenal bangsanya sendiri", sedangkan kita2 mungkin kpikiran juga ngga ksana..

yang paling menyedihkan sih penggambaran betapa penurutnya kita, betapa didewakannya eropa oleh bangsa kita, betapa kita ngerasa lebih rendah daripada hewan di mata orang eropa. betapa pakaian eropa adalah surat kematian bagi mereka yg tdk mau menurut dgn pamakainya. sebuah kultur yg mendarah daging, yg ntah sampai sekarang, masih terbersit kultur itu tatkala 'ahli dari eropa' selalu terlihat lebih bonafit drpd lulusan perguruan tinggi negeri..

dan betapa, sejak dulu, modal adalah motif utama setiap manusia dalam menjalankan perbuatannya. sampai sekarang.

Hey, knapa ga dari dulu gw baca ni buku?

Monday, 1 December 2008

Chapter 2: makin menjadi2 makannya

30 September 2008

Saursaur. ni hari trakhir puasa. agak males sih mo saurnya.bgitu kluar dr kamar..jrengjrenggonjreng..
Kepiting (kali ni ga jadi2an) dgn kuah santan yg sama gede2 siap menemani saur..buset saurnya ga nyante..
Ditemeni tripang (timun laut) yg dicincang kcil2 dibumbuin pedas yg rasanya enak sih tapi kenyal2 gtu kyk ubur2 kli yah..
Gila. Makan saur dan buka ga punya aturan.ibarat table manner, appetizernya spaghetti,main coursenya steak.

Paginya papa ngajak ke "pekan",semacam pasar 1 minggu skali. Mencari sesuatu yg menarik.tapi menurut gw yg plng menarik wktu ada ayam idup yg dibeli trus dipegangnya kebalik gtu dan tainya mengucur deras waktu si pembeli jalan.

Kita balik ke rumah. Sampe disana gw ngeliat penganiayaan ala SAW. Katanya sesuai pesanan gw.

haha..



Jadi bukaanny adalah (lagi2) cucing-si-kepiting-jadi-jadian-yg lg-ngehip yg ga abis2 jg dan sop kepala sapi,hwahaha.oiyah,ada lagi semur lidah yg agak keras.
Dan lagi2 3 piring nasi.
Si cucing di rebus aja,sehingga trasa bgt rasa aslinya. Sedangkan kepala sapinya gw kedapetan bagian mata.sruputsruput.
Ditengah2 makan tiba2 blep! Lampu mati.untung ada lampu templok yg udah dinyalain jadi ga gelap2 amat.
Lanjut?
Lanjut!!
Makan ga bakal brenti cuma karna mati lampu boy...
Smentara malam takbiran diisi oleh bocah2 sepupu gw dgn meletusin petasan2 yg ga ad bunyinya dan klh telak sama tetangga sbelah yg tmpak lebih tajir..
Bis itu gw cape sempoyongan dan tidur terlelap..


1 Oktober 2008

Hbs mkn sop kaki sapi yg lmyn mengecewakan karna tulang doang dan bagian gw bner2 tulang tanpa sumsum.heuh.padahal yg jauh2 ngerequest ntu gw.

jatah gw.sumsumnya lenyap.


punya ade gw--lebih gede, lebih berisi, lebih berdaging.ngeselin.


Oiya td mkn dirmh sodara lg.mkn bebek goreng (yg kali ni keras) sm ngegado cucing yg ckup kcil.tampaknya cucing meraih predikat "food of this lebaran" di kampung gw.kyknya hampir stiap kluarga menyediakan cucing.


bebek goreng keras


cucing--food of this lebaran

Slaen makanan2 tsb,di meja makan jg ada rendang bebek,tumis gurita item,opor usus sapi,sm ikan kecil yg enak yg dinamain "merala".