Wednesday, 23 December 2009

UAS berpeluh berdegup

hidup tu jangan mo lurus aja..belok, jurang, keserempet, terjal, jatuh, bangun, hidup yang hidup..bakal jadi cerita buat anak cucu
itu yang gw tulis di status facebook gw beberapa menit sebelum cabut ke kampus. merasa hidup dengan banyak hal-hal tidak terduga selama ini, rasanya ingin berbagi ke orang2 mengenai apa yang gw
rasakan.

tapi ga juga utk merasakannya siang ini. buru2 ke kampus. sampe kampus pas jam 11.30 kurang. dan jam 11.30 itu adalah jam UAS rekling gw. buru2 langsung ke GKU barat. oh shit..tangga ini berasa treadmill gratis. udah tua bner2 gw di ITB ini. cape..dengan yakin memasuki ruang kuliah rekling yang biasanya (pokoknya ruangan paling atas di GKu barat lah).

ceklek.
masuk.
tutup pintu.
berbalik.
ko semua ngeliatin gw.
muka2nya beda.
nampaknya sedang UAS juga.
tampaknya TPB.
dosennya mau nyamperin.

fak. sebelum tu dosen ngomong apa2 gw balik keluar tutup pintu.

anjing lah. kutelpon si timi kan. ga diangkat2. kutelpon fuji, gak pula. akhirnya jimi, ditutup. terbayang sudah angan2 ga lulus rekling gara2 ga ikut UAS, gw ngulang anstrik sama rekling semester depan dah. akhirnya jimi yg udah gw sms, akhirnya ngebales.
di TL lantai 6 gan
okeh. jalan cepat menuju sana. sweater udah kaya cucian mo dijemur. nyampe lantai 6, salah tangga. turun lage. naek lagi pake tangga satunya.

sampe2 disuruh ngisi di kelas baru yang sepi bgt, dijagain 2 orang. ngerjain UAS dengan cucuran keringat bermodalkan yang udah gw baca malem tadi. sip lah yang penting gajadi ngulang. bner2..hidup gw ga pernah normal.


Sunday, 20 December 2009

kehidupan jakarta hari ini

oke sekedar melanjutkan postingan kemaren tampaknya. masih berbau makanan.

jadi kemaren sekeluarga (+ temen bokap + anaknya) makan di pasta de waraku..memesan pasta (atau mie mungkin ya) hijau isi scallop dan cumi. ntahlah hijaunya tu dari daun apa,,yang pasti enak lah. jadi yg gw pesn tu satu paket. isi paketnya tuh ada salad standar (cuma ga pake 1000 island/mayonnais,tapi pake cuka2 apa lah itu), sop jagung, dan nasi apa namanya gtu, smacam risotto dgn toping udang dan scallop. pokoknya gw lagi pengen bgt lah makan scallop yg rasanya udah gw lupa dari kapan tau. minumnya coffe float yg standar.

hari ni barusan entah knapa jadi pengen merasakan hidup seperti laiknya anak gaul jakarta. belom pernah ke sency, penulis berinisiatif pergi ke sency bersama saudaranya. malam minggu pula. bermula dgn nunggu adek dari final 85 cup, ketemu di jalan haji ipin, trus lanjut ke sency. sampe sency, terlihatlah suatu dunia yg kental dgn nuansa konsumerisme, angkuhnya bangunan mall dan kaca2 yg menembuskan cahaya dalam mall ke luar. dan disinilah org2 menghabiskan uang. disinilah jetset2 menentukan arah pergerakan negara melalui meja2 kedai kopi. dan koper2 yang ditukar dibawah meja tersebut tentunya. dan tentunya disinilah tempat orang stres mengakhiri hidupnya. dan disini gw bertemu dgn Adis Si05 yang nampak sendiri (ingin ngabisin duit keknya), dan..ga ketemu siapa2 lagi. ini di luar dugaan gw, dimana gw kira tempat gaul yg bernama sency ni bakal penuh anak ITB yang lagi jakarta..salah rupanya. yg ada cina2 malah, dan wanita2 pribumi yg ada pun jauh kualitasnya dibawah anak malem minggu PIM.

lanjut makan burger king (pertama kalinya juga) dan adek gw kesel karna ukuran burgernya (BK double yg bbq) jauh lebih kecil dari whopper.gw jg baru tau klo tu whopper segede gtu. dilanjutkan dgn forum "SMA mana yang cocok buat adek gw Dinda". apin aka Lontonk anak 70 manas2in buat masuk ke 70, dan diimbangi dgn argumen2 gw ttg kemerosotan kualitas alumni 70 saat ini. idealnya 8, tapi jauh skali, mama maunya 34,tapi bakalan temenan sama anak2 85 lagi, 28 katanya bagus cuma jauh dan mungkin adek gw harus nginep di rumah nenek. alternatif lain adalah swasta, tecetus nama Al-Izhar (super mahal), Alpus (super gaul), dan Labsky (klo harga dan kegaulan adalah 2 buah kurva, mungkin ini adalah intersectionnya, maksudnya di tengah2nya lah).ngalor ngidul sampe jam 10 malem si karyawan udah beberes..pulang kita.

haus. ada suatu outlet frozen yoghurt bernama tutty frutty, yg ternyata menjual yoghurtnya kiloan (10 gram-an sih maksudnya). 10 gram 1500. cupnya gede, jadilah yg kita masukin sebanyak cup itu. ga mikir beratnya brapa. keluarlah harga 47500. berarti 3 ons lebih. wanjing. siake. jahat kalipun penjual ini..bisa2nya ya bikin cup gede biar diisi penuh. yaudalah habisin aja.

lengkaplah sudah kegaulan hari ni.semoga membntu. salam olahraga.

Thursday, 17 December 2009

kenyang. kenapa?

kenyang. dari kemaren bokap nyokap dateng dan tentu saja ini gw sia-siain untuk makan gratis sebanyak mungkin. dimulai dari kartika sari langganan, bebek van java pas makan siang (sampe bela2in pulang siang2), dan klimaksnya tadi makan suis butcher dan disambung sate ayam depannya. itung2 peningkatan gizi sekaligus ngirit.hahha.

entah kenapa sekarang uang jadi kelihatan sangat berharga untuk ditahan. merasa lebih senang aja klo liat saldo di atm masih 7 digit. apalagi banyak libur kan ntar. yah saya adalah seorang jomblo yang hidup di lingkungan (kampus) jarang gaul ke mall atau sekedar nonton film terbaru (film yg terakhir saya tonton adalah "merantau" berdua saja sama Ersa cem homo). atau ga karaokean sama cewe dan teman2 LFM. klo jaman punya cewe kan rajin tu malem mingguan atau malem slasaan kemana gtu lah. palingan hedon sekarang nyodok di barcode siang2 pas kuliah kosong (atau mengosongkan diri :p).atau ngeDoTA di himpunan bersama makhluk2 berbatang yg senasip.

lumayan berhasil lah program pengiritan ini. beberapa bulan lalu berhasil membeli gitar yamaha standar lah, trus juga beli tas slempang (utk kuliah2 sehari2 klo ga bawa laptop), ntah lah habis itu mo dikemanain tu uang.
buat kawin kali--sepetan nyokap jaman gw SD suka nyimpen duit ga diapa2in.


Saturday, 12 December 2009

Surprise, are you sure?

ntah knapa tiba2 ingin menulis tentang suatu fenomena di kalangan muda-mudi saat ini. surprise ulang tahun.

coba lah anda buka2 album foto seorang teman anda yang memiliki pacar di facebook, dan dapat dipastikan ada 1 album yang isinya "18th xxx's b'day" atau semacamnya lah..

lanjut anda membuka album itu, akan dimulai dengan foto sebelum mengetok kamar (biasanya anak kos), tentu saja pada detik-detik 'pergantian umur'. lanjut dgn foto kamar dibuka si pacar dgn muka bantal keluar, ekspresi terkejut, ketawa2,dan blueberry cheesecake..(atau apapunberry cheesecake lah).

dilanjutkan dgn foto2 pemotongan kue, kalau banyak temen2nya bakalan ada coel2an kue ke muka,lanjut lagi foto pemberian kado, pembukaan, lalu foto si pacar memegang isi kadonya dgn tampang sumringah.

oiyah, klo kondisinya ga didalam kamar, maka prosesi yg dilakukan akan ditambahkan cebur2an, bedak2an, pokoknya intinya ntar ada foto yg ntah knapa orang2nya pada basah lah.

so why do we still call it surprise?

sementara orang tersebut h-1 akan sengaja tidur cepat, menghitung detik, untuk 'menghadapi' template2 yang telah disiapkan..hahha!

Friday, 4 December 2009

kusuka

kusuka dengan kehidupanku saat ini. kusuka dengan datangnya adik2 baru ini. segar. terlihat sekali semangatnya untuk belajar masih terjaga. kuya kita.

hanya sekedar duduk2 di depan sekre, ataupun tiduran di lantai atas dan mengintip dari sela2 pembatas, melihat aktifitas mereka, apapun, cukup untuk membuatku tersenyum. kusuka.

melihat mereka masih bertahan untuk memakai jaket kebanggaan kami, jaket yg sejak masuk ITB sudah kuelu2kan tanpa alasan, senang rasanya.

HMS 2008, masi smangat kalian?
kutunggu semangat belajarmu kuy...

Sunday, 22 November 2009

minggu-minggu terakhir eksekusi

tak terasa sudah diujung jalan perjalanan saya di keluarga besar BP HMS ITB 09..keluarga yang telah memaksa saya tidur sering2 di himpunan (tapi lama2 jadi kebiasaan),keluarga yang bikin saya terpaksa menginstall doTA demi interaksi sekre malam2..keluarga yang kadang memicu tawa-tawa ampas, pemikiran2 brilian, bahkan kadang emosi meluap-luap. namun tak apa. itulah hidup, organisasi, dan segala dinamikanya.

mungkin akan datar saja kalu berkomunitas isinya ketawa mulu. dan akan buruk sekali kalo isinya marah2 mulu. men, marah2 dalam suatu organisasi dgn basis teman sendiri tu susah bgt men. walau ada hirearki yang jelas tetep aja yg namanya temen ya temen. walau harusnya bisa kita manage hal itu seharusnya. tapi tetep aja susah bagi saya.

satu hal yang mungkin masih saya sesali dalam kehidupan berorganisasi ini adalah: saya belum menciptakan pemimpin baru. padahal, seharusnya nilai dari seorang pemimpin adalah bagaimana ia dapat menciptakan pemimpin-pemimpin baru. segala variabel yg begitu dinamis yang ada dalam sistem dibawah saya rasanya begitu sulit untuk direkayasa. faktor beda usia yang hanya terpaut satu tahun tak begitu membuat anda sebegitu 'jumawa'nya dihadapan bawahan2 anda. minimal, seminimal-minimalnya yang dapat saya berikan, adalah keteladanan. konsistensi. ketenangan dalam menghadapai tekanan. kehangatan dalam berkomunitas. keterbukaan terhadap hal2 baru. komitmen. seminimal-minimalnya yang bisa saya berikan. jadi seharusnya jika anda adalah seorang staf yang kerjanya ngeliatin saya kerja, seharusnya itu yang anda lihat. seharusnya. mungkin galat beberapa persen sehingga anda melihatnya tidak seperti itu.

yang buruk2nya ga usah lah. off the record lah yah. yang pasti, gada apapun yang saya lakukan sengaja untuk menunjukkan sisi buruk saya. gada gunanya.itu aja dulu lah yah..jadi blank nih.

Sunday, 13 September 2009

Akibat pulang jam 3 di minggu2 terakhir ramadhan, dimana orang2 berbondong2 mengejar malem mingguan di luar, entah makan2 atau belanja buat lebaran?

oke. kali ini gw akan nulis soal perjalanan pulang gw dari bandung ke jakarta. ehm..maksudnya sawangan.

seperti biasa, gw mesen xtrans dan bayar IDR 70000 karena ga punya KTM (adanya KTM mantan yg dikasi ke gw dulu, itupun yg udah dibolongin pas masuk jurusan), lalu tidur di dalam isuzu elf yang mantap itu. bangun2 jam 5 dan masih km 50an. hell. pas gw bangun itupun juga lagi macet2 gara2 jalan yg menyempit. disebelah kiri ada jalan kosong yg belom selese proses perkerasannya. mobil2 sok rock n roll menerabasnya. klo gw yg bawa mobil bakal turun gw, mindahin beton pembatas buat nutupin jalan baru ntu. ketabrak tu mobil alhamdulillah.

selanjutnya buka di jalan. bahasa gaulnya buka on the road. disingkat b.o.t.r. katanya sih masih sodara sama saur on the road yg gaul itu. cuma klo saur on the road dilakuin dgn niat dan dandan abis2an, klo ni penuh keterpaksaan dan menu sedanya.gw buka pake akua yg dikasi mbak2 xtrans. padahal niatnya mesen jam 3 biar bisa buka bareng kluarga di luar, walau dibatalin gara2 sakit pinggang bokap gw kambuh.

seperti biasa turun di pointsquare, jalan nyerong sampe ke terminal lebak bulus, jalan terus sampe depanan. nunggu angkot yang udah jalan, bukan nunggu angkot yg mo ngetem. cerdas bukan?

first impression gw masuk ni angkot 106: parung-lb.bulus adalah: sopirnya ramah sama penumpang, make bahasa sunda, cem2 ngangkot di bandung lagi lah. bedanya ga ada cewe cakep yg mo naek angkot di jakarta. hahahaha.

satu setengah jam berlalu dan angkot masi mandek di cirendeu.yak cirendeu pusat kemacetan yg menjengkelkan dari gw kecil sampe sekarang. apalagi semenjak dave brownsound keluar dari SUM 41.

padahal, sopir angkot yg tadi gw bilang ramah, jadi beringas di jalan. beringas. klo yang laen gw bilang liar atau agresif, dia beringas. sering caci maki orang yg ga maju2, caci maki orang yg di jalur yg bner (dan dia yg ngembat jalur orang). cem2 robinhood lah, ngerampok jalan buat rakyat kecil kaya kita2. parahnya lagi, klo ada 3 dari 4 lajur yg udah diembat dari arah angkot gw, tu angkot ngambil sisa 1nya lagi. buset. jadi tu jalan keblok bner2 walopun cuma motor2 aja yg lewat. tapi tu motor dengan semangat meneriaki mobil kami. si akang cuma ketawa2 sambil disupport beberapa penumpang. haha. ga bner juga ni penumpang.

hasilnya, Tuhan Maha Adil memberikan karma untuknya. mobilnya mogok di tengah jalan, tapi bentar sih. didorong jalan lagi. demikian lambatnya mobil ni, gw perhatiin ada serombongan mbak2 yg jalan buat malem mingguan di swalayan setempat tampaknya, berkali2 menyalip angkot kami.ckckck.

akhirnya gw putusin. ga boleh gini terus. ambil keputusan utk naik ojek. transportasi paling fleksibel di dunia, bisa naik gunung, nyebrang jembatan orang, bahkan naek trotoar. si empunya motor langsung nembak 30 ribu dari lapangan terbang pondok cabe sampe sawangan. mak. stau gw dulu2 20 ribu. (ini juga mahal). cuma gw ngerti ko kondisi sechaos ini tentunya akan menaikkan harga suatu jasa, bgtu kata adam smith. akhirnya ngojek kita muterin lapanagn terbang pondok cabe, lewat depan UT, kluar2 di 'terminal gagal' cinangka. lanjut sampe sawangan dan rumah gw. di tengah jalan gw termenung dan memikirkan seperti inikah transportasi massal kita? ketika makan-memakan jalan menjadi hal yang lumrah, karna penegakan hukum yang lemah atasnya. atau memang gaji polisi gak cukup besar untuk menertibkan pelanggar2 sperti itu? atau karna kita negara berkembang, bukan kebutuhan negara kita untuk menegakkan ketertiban lalu lintas, karna terbentur masalah 'mencari nafkah' satu pihak?

apakah pinggiran jakarta akan diperhatikan? apakah Mass Rapid Transportation yang 'dikomandoi' Bung Yun'im Hakim Si 04 ,'diotaki' Ardika Maulana Si05, dan 'dipresenteri' Tina Talisa (TVOne) di gedung yang sama, hanya akan mengurusi jakarta? apakah duit proyek itu besar? apakah mereka akan kaya mendadak? apakah dua alumni sipil terbaik ITB dekade ini itu cuma akan mondar mandir bikin kopi di balik kaca saat Tina Talisa membaca berita?

itu akan menjadi satu keping lagi, dari sekian ribu keping yg akan membentuk mozaik tujuan hidup gw.

sampe rumah, mandi cebar cebur.menyantap kepala ikan emas segede glove baseball, minum es nata de coco+ alpuket (kombinasi yg gak pas) bikinan nyokap, dan kekenyangan. doakan gw bisa lebih malas di hari2 selanjutnya. *gerakan menggemukkan badan di sisa ramadhan. Gergembasadhan!

Sunday, 23 August 2009

kita makhluk malam, kita hangatkan malam

Aku datang malam
Aku pulang pagi
Meresapi makna kekeluargaan ini
Melayani nama besar ini

Aku tak peduli
Teman yang meninggalkan
Dengan kenyamanannya
Tetap tinggal, resapi hangatnya

Kita bersama lalui bahaya
Kita bersama tepis ancaman
Kita satu
Kita bersama

Kita yang hidup dengan tekanan
Kita yang menikmati ketidaknyamanan
Kita kawan angin malam
Kita teman kartu semalaman
Kita korban asap tembakau
Kita sobat kopi hangat
Kita tertawa
Kita tertawa
Kita tertawa

Kita jaga keluarga sampai mampus

Saturday, 8 August 2009

student's campaign anthem

bawa lembaga
tebar pesona
lakumu bagaikan
haus pengakuan

anjing disana
pengikut setia
kaukira dunia
tunduk kepadamu?

harum ucapan, ramah tatapan, halus tindakan
tunjang manuver
pelajari tipu massa
diplomatis kulit kacang
dimanakah hatimu sekarang

CV yang panjang
semua kan gampang
bantu tembus kerjamu
hidup mapan impianmu
terpandang dinastimu
jangan ganggu!
jangan ragu!
kita akan maju!
semua kan setuju!
calon nomer satu!

Monday, 8 June 2009

Repost gan..semoga menginspirasi..

Sebuah kisah yang menginspirasi, bahwasanya dimana ada niat, disitu ada jalan.
crita pengalaman pribadi gw, diambil dari blog gw yg lama. mampir2 deh. lucu2 postnya. ga seserius sekarang. hehe.


"alkisah,,gw udah beli tiket gutcarlot di radio ardan.trus gw selipin ke buku.hari itu gw ada acara ngumpul bwt ngonsep ide cerita film panjang prtama LFM.cm g sperti biasanya kita mikirin ide sambil makan pizza (g4ul euy) di Kafe Lantera (WaLe ke ats trus). ya udah..kita mikirin ide cerita..trus balik ke kosan .
esoknya,,dipagi yg cerah..gw bangun jm 5-an (tumben ni),,trus brmalas2an dulu sbelom mandi.iseng2,,gw mo liat tiket yg gw beli.blon sempet gw perhatiin wktu beli..
gw buka buku tmpt tu tiket gw selipin,,gw cari2 tu tiket.

njing.ko ga ada.cari lagi,cari lagi,,jgn klewatan slembar pun.
ga ada juga.gw masi ga prcaya n ngulangin hal itu smpe 5 kali-an.
oohh..mungkin di binder gw,,walopun gw ga percaya tu tiket bs nyelametin diri dari kepitan buku ke kepitan binder..
cari cari cari…jgn sampe klewatan selembar pun..
ko gada jg.cari lagi cari lagi.
hell. dmana lagi??di dlm tas kali.siapa tau nyempil.
cari cari cari.gada jg.stress gw.
jgn sampe gw ngilangin tu tiket..gw udah trlalu bnyk dosa ngilangin brng sm bonyok.palagi ni barang blm kepake.tp mahal.
mnurut gw,,ni keadaan ckup utk bikin gw panik,,treak2 marah2,,nonjok2 paan ke’..tp gw tetep tnang..entah ni kelebihan ato kekurangan gw..yg jlas,gw bkalan biasa2 aja ngadepin masalah2 besar mcm gini (contoh laennya gw tnang2 aja ngadepin nilei2 yg matiajadeh),,mngkin bgs..gw bs lbih brpikir jernih abis itu..tp jg g bagus,,trlalu tnang bs bikin lo trlalu nyantai,,jd g ngotot dlm nylesein tu mslh..

otak fantasi gw mule kerja.
gw liat jam,,ahh!!sial.tgl 24 april,,brarti hari ga berulang.padahal gw pngen bgt tu hari balik.biar bs beli tiket lg..n gw gabakalan ngilangin tu tiket..terinspirasi oleh 28 oktober from SPIRAL PRODUCTION.
otak gw jg mikir jgn2 ada yg sngaja masuk ke kmr gw (yg g gw konci) trus iseng ngumpetin tiket gw..bwt surprise.
sampah.
terbayang wajah mama-papa yg marah n nyidang gw lama bgt.."kenapa ilangin lagi si bang??""bego lu bang!"–>ade gw ikut2an marahin gw.."pokonya ga ada konser2an lagi""kamu jorok bgt si"–>nyokap gw bgt..
yg pasti ga ada yg gw kasi tau ttg kbr ini.gw mau sgalanya rai n trjadi sperti biasanya,,ga ada pihak yg panik,,segalanya terkendali
gw sdr bgt TUHAN ikut campur disini..tp ngga dgn cr yg mistis tentunya..kyknya gw bnyk dosa..gw menyesali sgala dosa gw..

pasrah.
knapa pasrah??bego. masi ada ksempatan bwt nyari tu tiket..
untungnya logika gw menang,,tu barang pasti ilang wktu tas kebuka.n satu2nya kmungkinan cm waktu gw ngebuka buku di kafe Lantera..males bgt..tu kafe udah kyk di ujung gunung,,mendaki gunung lewati lembah..
OK,,gw bakalan ksana.sendiri.
tp gw hrs kuliah kalkulus dulu.trlalu syng bwt dilewatin.mumpung gw masi ngarti.tp gw g bs konsen.pikiran mlayang ke tu tiket.
abis kalkulus,,gw hrs gerak cpet,,kyknya gw relain fisika abis itu,,soalnya gw hrs cbut jm 12,,walo gw psimis klo dpt.

abis kalkulus,,gw cabut g bilang siapa2 ke Kafe Lantera.
dr ampera Tubis,,gw naek ojek smpe Kafe Lantera…mendaki gunung lewati lembah..masuk ke komplek,,kluar2 di kampung…
OK,,Kafe Lantera,,comin!..fuck..lg tutup,,kyk gada orang yg jaga sm skali.
n gw ngotot pasti ada yg jaga.
gw turun ke bagian bwhnya.ada pintu minta diketok.gw ketok2 membabi buta.trus dibukain sm seorang anak yg sebaya sm gw.langsung gw tanya maksud kedatangan gw.
OK,,gw langsung nyari membabibuta..prtama,,gw cek kolong sofa yg gw dudukin kmaren mlm.ga ada.gw periksa sofa2 disana,,every side,every detail..trus merambah ke laci2 lemari yg mungkin tmpt naro brng ilang..abis si mas yg jaga nyantai bgt ngebolehin nyarinya,,bebas..gw nyari n ngobrak-abrik tu laci semau idung..ga ada.ke lantai atas,,meriksa setiap laci yg ada. ga ada.nyari di tong sampah,,si mas diluar dugaan ngebantu gw ngorek2in tu sampah klo2 gw bs nemuin tiket yg gw cari..yg kliatan cm abu roko,,krtas bill gtu,buah bau busuk,,kulit telor,,,karna pnasaran,,gw ngobok2 jg tu plastik sampah yg gde bgt.cm g bs dalem2..tp gw yakin wktu sm si mas td ga ada tiket yg klewatan.
stress. tinggal bilang klo gw ngilangin tiket ke bonyok.gampang sih,,tp ntah knapa,,yg ini ga mau gw bilangin ilang.
jaded.
frustrated.
gw mo balik dgn tngn hampa.tiba2 ada ide mantap yg biasa bgt.nelpon karyawan yg kmaren jd waiter.dgn susah dan berbelit2 nanya ke si mas ksampean dah gw nyari no. orng yg jd waiterss td mlm.tiba2 ada berita fuckin’ baik.KATANYA TEMEN DIA YANG NGAMANIN TU TIKET.gw disuruh tunggu aja.FINALLY,,beneran tuh gw dpt tiketnya..haha..keuletan emang berbuah manis…nontonnya pasti jg berasa manis..
Lega anjir…"

Sunday, 3 May 2009

Sudahkah Kita Pusing Hari Ini?

adalah suatu kewajiban bagi suatu organisasi kemahasiswaan untuk bekerja keras, sebagai motor suatu pergerakan, bekerja terus menerus tanpa lelah untuk suatu visi misi yang telah disepakati bersama. kematian pergerakannya adalah kemunduran bagi organisasi, serta duka cita bagi anggotanya.

ketika kita memasuki suatu organisasi, kita telah mencemplungkan diri kita ke dalam sebuah kolam si organisasi, yang akan mengotori, membasahi, menyegarkan, bahkan menyakiti kita setelah kita memasukinya. pilihan kita untuk memasukinya tentunya memiliki konsekuensi tersendiri: konsekuensi untuk mengikuti sistem yg ada, dan bila tiba saatnya--mengubah sistem itu untuk kebaikan bersama.

menurutku, inti dari sebuah organisasi kemahasiswaan terdapat pada kemuliaan tujuannya, dan keikhlasan anggotanya. sebuah organisasi kemahasiswaan memiliki tujuan sebagai wadah aktualisasi diri bagi anggotanya, yang memiliki kesamaan minat, tujuan, atau mungkin cita-cita, dengan penuh kebebasan--sebebas-bebasnya. sesuatu yang mungkin takkan tergantikan dengan kurikulum kuliah, pelatihan softskill, dan hal "kurikuler" lainnya. dan nantinya, kita akan menyadari sesuatu yang mungkin akan sulit kita temui setelah lulus nanti. dimana segalanya akan terbentur dengan urusan perut, keluarga, atau kepentingan.

Tak ada tujuan mengeruk laba sebesar-besarnya, tak ada gaji untuk pengurusnya, yang ada cuma tujuan yang diturunkan dari satu filosofi: pendidikan. dan inilah, dunia kita, perjuangan kita. lelah kita, peluh kita, untuk mencapai satu tujuan: pendidikan. dan yang akan kita dapatkan: pendidikan.

perjuangan yang yang kadang menyenangkan, kadang menyedihkan, kadang bersemangat, kadang memalaskan. semua hanya untuk melayani keluarga kita yang berjuang bersama di bawah perlindungan kita. untuk satu tujuan yang sama.

dan merupakan suatu petaka ketika sebuah organisasi yang kerap kali berjuang mati-matian pada akhirnya merasa terlalu nyaman, sehingga kehilangan gairah perjuangannya, mengkungkungnya dalam kenyamanan semu, memalaskan anggota-anggotanya, ketidakproduktifan yang melumat satu persatu perjuangan pendahulunya. kenyamanan yang dikejar rupanya merupakan suatu puncak capaian, bukan merupakan awal 'ketidaknyamanan' dalam memperjuangkan kenyamanan dalam level yang lebih tinggi.

dan saya rasa, ketika kita sudah menjadi seorang penentu keputusan, tak ayal lagi kita telah menjadi seorang teladan, seorang penggerak organisasi, seorang otak dari motor pergerakkan yang kita perjuangkan--perjuangan melayani keluarga yang kita sayangi. tanggung jawab yang berat. kita lah garis terdepan perjuangan.

kita lah yang (seharusnya) paling lelah.
kita lah yang (seharusnya) paling susah.
kita lah yang (seharusnya) paling kerepotan.
kita lah yang (seharusnya) paling pusing.
kita lah yang (seharusnya) paling disalahkan.
kita lah yang (seharusnya) paling dihujat.
kita lah yang (seharusnya) paling menentukan.
dan itulah harga dari sebuah pelayanan.

dan itulah harga dari sebuah hadiah yang akan kita dapatkan, yang mungkin hanya beberapa orang yang mengambil kesempatan untuk mendapatkannya: pembelajaran.

mari kita berlelah-lelah. mari kita berpeluh-peluh. mari kita berpusing-pusing. sudah pusingkah kita hari ini?

Sunday, 8 March 2009

Rizqy's Update

okeh. random aja ya inilah aktivitas gw recently..

  • Diberi amanat sebagai Sekjen (/Wakahim) HMS ITB periode 2009-2009 (haha) yg membawahi departemen kaderisasi dan kajian strategis. jadi siap2 aja ga bisa tenang liburan mikirin tu kuya 2008 mo diapain..
  • Sedang menjomblo. kira2 udah 1 bulanan..awalnya emang sering uring2an sendiri..tapi lama2 biasa lagi ko..seiring dengan banyaknya kesibukan kali yah..klo dulu hari sabtu-minggu trasa cepet bgt karna pacaran, sekarang terasa lama bgt dan cenderung diisi dgn kegiatan tak produktif seperti bermalas2an di kasur.
  • ikut EF. alhamdulillah dapet klas conversation yg ga sejayus kmaren. ada yg bening pula. cuci mata lah ya..
  • Akademik? agak semangat soalnya IP kmaren hampir 3, tapi blajar masi males2an...sementara praktikum mektan dan tugas2 menanti apalagi Pak Amrin yg doyan 'menekan'
  • Percintaan? istirahat sejenak lah ya seraya mencari2 sinyal (yg ga pernah ketemu)..klo dapet ya rejeki..tapi ga mau ngoyo nyari2 kaya si t**my. wkwkwkwk..
  • Lebih sering ke LFM soalnya waktu bner2 bnyk yg kosong..sekalian menghijaukan mata ke komunitas yg cewenya 'lebih cewe'..intinya sih siap nyampah..
  • rutin ngeplurk utk menaikkan karma (ngincer ketawa sadis gw)
  • Tertarik nyodok klo diajakin lagi..tp jgn sering2 lah..
  • udah lama bgt ga nonton,trakhir madagascar 2 (mnurut gw sih lama)..entah mo nonton sm siapa..ada yg mau?
  • oiyah..obat sendirian: maen stronghold. dijamin betah ngautis, ga perlu tidur, ga perlu makan, bisa idup tu lupa dunia..
intinya tema aktivitas kali ini adalah : Surviving Loneliness.wkwkwkw...smangat menjalani hidup brur!

Tuesday, 17 February 2009

Teruntuk kakekku tersayang

bner klo kata org 'kau takkan mengetahui seberapa sayang dirimu terhadap seseorang sampai engkau kehilangan dirinya'

15 februari, sehari setelah hari yg org2 latah sebut sbg 'hari kasih sayang', pukul 9.18, rumah sakit pusat pertamina, jakarta.
kakek saya, syamsul bachri bin asteri wafat.
kakek saya meninggal di usia yg mnurutku 'relatif muda' utk org yg hidup di jaman sinar-x ini, 72 tahun.

saya dikejutkan oleh telepon dari mama utk pulang saat 14 februari, lagi mo sibuk2nya nyiapin artistik bwt civil for society.
akhirnya kuserahkan segalanya ke fajri, beribu terima kasih utkmu jri, atas pertolonganmu disaat diriku meluncur ke jakarta.

sesampainya.
aku tak bisa menahan tangis melihat dirimu kritis tak berdaya,kek. banyak selang di tubuhmu, dan dirimu yg terus mengerang kesakitan, seraya berusaha menyebut kalimat2Nya. Ya Allah, semoga engkau muliakan hambaMu itu. Nenek juga dgn setia menemanimu, mengucapkan kata2 yg suci utk kau ikuti, begitu pula diriku. engkau terlihat begitu lemah, begitu pasrah.

dan hingga akhirnya Sang Khalik, Raja Alam semesta, memanggilmu.

Tersentak kudisadarkan akan mudahnya bagi Tuhan membuat keadaanku seperti itu. dan ketika aku diposisikan seperti itu, tentunya aku akan banyak2 menyebut namaNya bukan?
dan begitu aku sehat, aku akan kembali melupakanMu bukan?

itulah manusia.

Tapi bukan berarti kakekku seperti itu.
beliau adalah seorang yg insya Allah selalu dibimbingNya setiap langkahnya. beliau menghabiskan masa tuanya di masjid, sambil mengisi masa pensiunannya dgn berjualan air minum isi ulang. begitulah beliau apa adanya, menganggap bisnisnya seakan-akan perusahaan besar yg harus dikontrol tiap jam, dan beliaulah CEOnya.
Di masa mudanya, di tengah godaan korupsi di pertamina di kala orde baru, beliau bertahan dengan kejujurannya, sehingga keluarga ibuku berkecukupan apa adanya, tidak kurang, tidak lebih.
beliau begitu hobi mendonorkan darahnya, sampai2 presiden soeharto mengundangnya dan fotonya terpampang di rumahnya sejak aku mengenalnya.
beliau adalah orang yg keras kepala. dan anak2nya terkadang bertengkar dengannya. tapi itulah dinamika kehidupan.
beliau juga pernah khilaf, namun itulah manusia.

terima kasih kek
atas ciuman berkumismu yg membuatku pipiku gatal..
ucapan assalamualaikummu yg khas..
atas hobimu mentraktir jajanan tukang yg lewat depan rumah..
kebiasaan tidurmu bertelanjang dada beralaskan ubin sembari mengipas2 dgn kipas bambu sementara dirimu tertidur lelap--yang selalu membuatku senyum2 sendiri dgn keahlian khususmu ini..
atas semua doa2 ke anak dan cucumu ketika aku berpamitan..
atas semua cerita2 yg kauceritakan..
atas nafkah halalmu yang menghidupkan ibuku dan keluargamu..

aku hanya bisa merelakan kepergianmu, dan menatap masa yg akan datang, mengingat2 memori2 penuh kasih sayang bersamamu, dan berdoa tentunya utk surga yg menunggumu


cucumu yang tercinta,
Muhammad Rizqy Anandhika

Saturday, 14 February 2009

oknum2 penoda kebenaran..

kecewa.
sedih.
kasian sama temen2 saya yg berjuang.
tidak diapresiasi.
blom ilang kesel sama tambang, eh si panitia olim bikin tambah kesel.
yah..
medali emas sepak bola kami dianulir.
walaupun kami menang voli juga hari ini..
makasih buat anak mesin yang sportif.

lalu org2 yg bersangkutan dgn keputusan itu dtng ke himpunan
4 orang juri, petinggi2 olimpiade, dan menteri KM di event yg bersangkutan.
menjelaskan semuanya.
dan semakin terlihat bodoh.
peraturan yg dibuat.
segala tindakan kontak fisik yg dilakukan mengakibatkan diskualifikasi.
titik.
aturan yg strict, + juri yg ga pake hati = malapetaka


semua tau klo mereka yg mulai duluan.
semua tau, kami melindungi diri.
terlepas dari segala emosi yg berkecamuk, kami adalah pihak yg diserang.
trus?
klo diserang cukup dgn nangkis?
klo dipukul kabur?
klo ngeliat temen lo yg ngelerai dipukulin dari belakang diem aja?
nunggu dikeroyok sama manusia2 barbar?
kalo mo dibunuh harus bertahan gtu sampe polisi patroli lewat?

Kami sudah mencoba mengontrol massa kami di tengah pertandingan.
dan pertandingan diteruskan..
setelah pertandingan kami diserang..
pukulan terhujam, kami melawan..
itu salah?
kalian bilang itu sudah aturannya,mana detilnya?
kalian bilang itu kesepakatan bersama..
bukankah kami minta diperjelas aturan tersebut sejak dahulu?
atau saran kami tidak perlu didengar?
kalian malas memperjelas peraturan kalian?
pembenaran apa lagi yang anda ingin katakan?
anda hebat, hebat mencari-cari pembenaran.


haruskah begini mahasiswa sekarang?
membuka textbook dan memutuskan hanya dgn akal..
tanpa nurani?
merasa benar tanpa mengetahui secara langsung apa yang terjadi?
yakin dengan info yg klean dapatkan?
yakin tak ada distorsi?
sesuci apa diri anda?
seyakin itukah anda memutuskan?
MENYAMARATAKAN YANG BENAR DAN YANG SALAH?
tak berani mengatakan 'tidak' terhadap suatu kebenaran?
dan saya yakin di hati kecil kalian, kalian tau dimana kebenaran..

telan semua ludahmu..
yang telah ucapkan salam ganesha beratus-ratus kali
pulang ke rumahmu..
mungkin disana engkau nyaman diasuh ibu bapakmu
lupakan temanmu..
karna kau sendiri tidak mengerti arti solidaritas
patuhi aturan manapun..
karna itu jalan yg aman dan 'terlihat' benar

Kami ga butuh medalimu
Kami ga butuh pengakuanmu
Kami memperjuangkan apa yang menurut kami benar.

Friday, 13 February 2009

hmm..

aku ga tau seberapa besar yg telah aku lakukan telah menghancurkanmu

yah..

cuma bisa menasihati aja sebagai teman agar engkau menghentikan itu..

ga ada baik2nya..

kalau ada yg bisa aku bantu bilang aja ya..

Thursday, 12 February 2009

The Killer's Dustland Fairytale


The Dustland Fairytale beginning
With just another white trash county kiss in '61.
Long brown hair, and foolish eyes.
He'd look just like you'd want him to
Some kind of slick chrome American prince.

Blue Jean serenade
Moon river what you do to me.
I don't believe you.

Saw Cinderella in a party dress, she was looking for a nightgown.
I saw the devil wrapping up his hands, he's getting ready for the showdown.
I saw the minute that I turned away, I got my money on a pawn tonight.

Change came in disguise of revelation, set his soul on fire.
She said she always knew he'd come around.
And the decades disappear
Like sinking ships but we persevere.
God gives us hope but we still fear, we don't know.

Your mind is poisoned.
Castles in the sky, sit stranded, vandalized.
The drawbridge is closing.

Saw Cinderella in a party dress, she was looking for a nightgown.
I saw the devil wrapping up his hands, he's getting ready for the showdown.
I saw the ending where they turned the page, I threw my money and I ran away.
Sent to the valley of the great divide
Out where the dreams all hide.
Out where the wind don't blow,
Out here the good girls die.
And the sky moves slow
Out here the bird don't sing
Out here the field don't blow
Out here the bell don't ring
Out hear the bell don't ring
Out here the good girls die
Now Cinderella don't you go to sleep, it's such a bitter form of refuge.
Why don't you know the kingdoms under siege and everyone needs you
Is there still magic in the midnight sun, or did you leave it back in '61?
In the cadence of a young man's eyes.
Out where the dreams all hide

Monday, 9 February 2009

CFS: Civil For Society

Terhitung sejak hari ini, saya akan benar2 serius bekerja sebagai koordinator artistik Civil For Society- HMS ITB yg akan dilaksanakan pada tgl 18 Februari 2009

hal-hal yang berkaitan dgn pengerahan anggota dan pembagian tugas, serta pengeksekusian akan dilakukan secara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya

Bandung,
8 Februari 2009
atas nama HMS ITB
Muhammad Rizqy Anandhika
HMS06020

Saturday, 7 February 2009

Secuil pemikiran: zona nyaman?

Hanya ingin menyikapi soal ketahanan diri seorang manusia.
berawal dari merenungkan sendiri.

akhirnya gw memetik beberapa hal yang gw tangkep di pikiran gw sendiri.
nah sekarang gw mencoba bwt membaginya.

manusia, makhluk yang memiliki nafsu. cenderung memilih sesuatu yang nyaman baginya.
manusia cenderung akan menerima ketidaknyamanan apabila dirinya memang sudah dinasibkan begitu.

hmm..
klo mnurut gw ketidaknyamanan itu adalah ibaratnya 'training gratis' untuk memperkuat diri kita, menaikkan daya tahan ultimate kita.
dgn meningkatnya daya tahan ketdaknyamanan itu, manusia akan merasa 'nyaman' dan 'cenderung adaptif' terhadap hal yg semula dianggapnya tidak nyaman.
bagaimana caranya? tentunya dgn mengalami beberapa fase2 kritis, dn tetap bertahan di dalamnya..

dgn demikian, secara tidak langsung kita telah mengupgrade diri kita. gunanya? tentu saja berguna ketika kita sedang ada di posisi tidak nyaman yg semula. diri kita yg telah terupgrade akan mampu bertahan menghadapinya. ga akan kaget,pundungan, stress, atau yg paling ekstrim bunuh diri. haha

Adakah training itu di sekitar kita?
Hmm..klo gw bilang ini adalah hal yang tak kasat mata. mungkin perlu semacam 'keikhlasan' utk bisa ngerasain hal yang bagi kita menjengkelkan menjadi 'sekedar training'. yap begitulah.

contoh gampangnya.
terasa bgt sejak gw masuk ke himpunan. sori klo lagi2 yg gw bahas himpunan. ga tau nih. ngerasa banyak aja filosofis yg bisa didapetin disini. ada pula hal2 yg bisa didapetin di luar himpunan.

presentasi wisuda dan ga jadi karena jumlah panitianya terlalu sedikit,trus malah dimarahin dan disuruh pulang.
upgrade yg didapatkan: mental kuat dimarahin, berpikir dalam tekanan, evaluasi mengenai effort yg telah dilakukan, makna dari suatu kolektifitas

mo berinteraksi, dicuekin.
upgrade yg didapatkan: kesabaran, arti bahwa interaksi bukan hal yg instan, proses jauh lebih dihargai.

dibentak2, dianjing2in
upgrade yg didapatkan: kesabaran, rasa biasa aja klo dibentak2 (gw rasa sm aja klo misalnya pas udah kerja bos mrh-->jadi ga gampang pundung), yg paling penting tu ketika kita makin ngerti bahwa ada org yg tipenya seperti itu (bagi org itu biasa aja), memandang bahwa didalam kata2 buruk itu ada maksud baik yg disampaikan (klo bner2 bermaksud gtu pasti kliatan, klo ga bakalan kaya omongan sampah aja kedengerannya)

diskusi berlarut2 malam
upgrade yg didapatkan: inilah dunia yg sebenarnya boi! dimana dedikasi ga mengenal batasan waktu! klo mo sempurna, ada harga yg dibayar!

jadwal padat, badan cape
upgrade yg didapatkan: lihat bagaimana kita mampu bertahan dlm tekanan, daya tahan fisik, daya than otak, skala prioritas

intinya sih gw memandang segala sesuatu yang kita anggap buruk (karena terlalu dimanjanya hidup kita sejak kecil) dengan paradigma baru, yaitu menganggap hal tersebut sebagai kesempatan utk menghadapi fase kritis, mengupgrade diri, dan menurunkan standar ketidaknyamanan kita..karna ketidaknyamanan dan ketidakidealan lah yg membuat seseorang menjadi besar. Ir. Sukarno, Adolf Hitler, Abraham Lincoln, adalah org2 yg memiliki masa lalu kelam namun mendapatkan kejayaannya dikemudian hari. namanya takkan dilupakan sejarah umat manusia.

pun begitu, kita juga harus tetap dapat membedakan mana ketidaknyamanan yg harus ditahan dan dilawan, dan mana yg harus ditinggalkan. ibarat lagi berantem, klo udah mo koit lebih baik kita nyerah, klo mo kalahin tu org lagi laen kali aja. setelah latian ntar.
selain itu, kita harus tetep ngebuka hati dan pikiran terhadap apa yg kita lakukan. jika hal tersebut menurut hati kita benar, lakukan. klo ga, ya jgn.

yah begitulah secuil pikiran saya...

Thursday, 5 February 2009

EF yang 'mengasyikkan'

jadi ceritanya setelah berpikir2 panjang utk les bhs inggris dimana, gw akhirnya mutusin bwt blajar di EF. di banda dpn jonas.

knapa les bahasa inggris?
karna gw ngerasa bgt bahasa inggris gw masik kaco. dan gw ngerasa klo kesempatan wawancara bwt kuliah di luar bisa abis klo ga bisa wawancara bhs inggris.

gw ambil general english yg 3 kali seminggu,jam stengah 8 malem. yg pasti, gw cm bisa malem. sedangkan kelas yg tersisa yg banyak mahasiswanya tu adanya yg 3 x sminggu ntu. yang laennya, gw takut klo isinya bocah2 SMP SMA..masa gw sm mreka?anak kuliah tingkat 3 gtu..haha gwnya jg sih bego amt masa cm dpt level 4 pas placement test (gara2 santai bgt ni ngerjainnya, pdhl pas di IC gw EF pernah level 8)

akhirnya gw masuk ke kelasnya, kenalan sama 2 orang. satunya anak unisba, satunya rambutnya merah. ga nyambung yah?

dan kelas pun dimulai.

bu gurunya nyuruh anak yg jago gambar maju kedepan dan ngegambar kucing.
seorang anak yg bongsor, cowo, dan selanjutnya gw anggap sebagai anak yg paling sok asik maju ke depan.

si ibu nyuruh gambar kucing. karna asik bgt tu orang, dia gambar doraemon. anak2 disana pada ketawa. gw doang yg diem. buset ni anak sgt asik dan mendominasi bgt!
yang paling mengecewakan, tentunya teman2ku yg selera humornya rendah.
lalu si ibu nulis semua abjad di sekitar gambar doraemon itu. kita disuruh nyebutin adjective yg huruf pertamanya ada di papan.

plajarannya ternyata ttg superlative! hah!
yap bnar. ttg the+adjective+est atau the+most+adjective
serasa bego.

lalu kita disuruh ngerjain latihan.
contoh jawaban:
soalnya ada gambar 4 kubus yg namanya A,B,C,D. kita disuruh bikin kalimat.
contohnya:
A is bigger than B
C is the biggest.
haha..

trus kita disuruh bangun.
bediri.
trus ada game..
"please stand a row according your age!"
trus bdirilah berdasarkan umur..
cem anak TL ospek ajah.
selanjutnya "please stand on a row according your blablabla"
hah.
pembodohan.

trus si exist makin menjadi2, pake sok2an ceritanya bangun paling siang lah waktu "please stand on a row according the time you wake up usually!"
si exist ngaku2 bangun jam 11 pagi.
trus katanya klo liburan emang jam sgitu.
trus si guru bilang. "i told usually.."
trus anak itu bilang klo usually dia mah jam 7.
tapi dia ngotot klo skarang dia lagi liburan.
yah, bilang aja biar bisa jawab jam 11 bangunnya, trus temen2mu yg selera humor rendah itu mentertawai..

trus habis main2 gtu..slese.
hah?
gtu doang?
puluhan ribu tiap pertemuan cm buat gtu aja?
sm anak2 garing pula..

gw langsung minta placement test ulang.
katanya ga boleh, minimal jaraknya 6 bulan.
hah. aneh.
akhirnya keluarlah solusi klo gw maunya ikut kelas conversation. nampak lebih dewasa.
semoga.
tapi ngantri, nunggu tgl 29 februari.
gapapalah.
yg penting ketemu org2 yg dewasaan.

buset klo dipikir2 ni gwnya yg ga normal apa yah?
level humor gw ketinggian gara2 gaul ama Julian?
atw gw jd org yg terlalu serius gara2 di HMS?
hah bingung ah.
pokoknya yg barusan tu buang2 waktu dan uang!
mana anak cewenya ga ada yg cakep bgt lagi!
kecewa!

Monday, 2 February 2009

apakah ini yang kita mau?
apakah manusia harus dikekang oleh aturan yang tidak ikhlas dipatuhinya?
apakah manusia tidak bebas menentukan mana yang baik dan mana yang tidak untuk dirinya?
apakah mengalah adalah solusi?
apakah 'menunda' akan mencapai 'mengakhiri' suatu saat?
apakah hati bisa bohong?
apakah logika menipu?
apakah salah jika aku melakukannya untuk kebaikan?

Monday, 12 January 2009

dimana kalian?dimana kita?

palestina. du gw malu bgt ga bisa berbuat apa2 bwt sodara gw disana. apa yg setan itu lakuin emng gila. ngaku2 korban genosid NAZI, dia sendiri ngegenosid palestin..sekolah, rumah sakit, anak2, permpuan, tetep dibantai.

dan dunia pun cuma bengong.

dunia arab?
heh?
kmana mereka?
apakah kalian sudah bukan negara lagi ya?
ooooiya ya.
kalian kan dubes AS di timur tengah ya..
eh salah.
kalian tu SEKUTU amerika khususnya dlm nyiapin bhn bakar. kalian piaraan paman sam. kalo baik dikasi carrot, klo ngelawan dikasi stick.
terlalu ketakutan ya? minyak ntar ga ada yg beli..hubugan diplomatik rusak??
serendah itu harga diri negara.
bisa dibeli dgn uang..
coba kalian stop minyak kalian for a while..
mati tu amrik.

duit ya emang..
ntah nabi udah kesel kyk apa klo dia ngeliat umatnya bgini..
percuma tu lo ngurusin masjidil haram..
percuma tu universitas al-azhar di kairo..
huegh..

Sunday, 11 January 2009

sekelumit kecil pandangan seorang muhammad rizqy anandhika tentang 'masalah'

masalah. tiba2 aja kepikiran buat mosting soal masalah ini. mungkin karna kmaren malem gw sm anak2 HMS ngobrol malem ngalor ngidul yang salah satunya nyambung ke soal 'masalah'.

jadi kepikir lagi. dari dulu gw dikasi tau sm bos2 pengkader gw klo masalah (atw konflik), adalah sesuatu yg akan membuat besar organisasi. mungkin klo menurut gw bahkan sampai ke tataran individu, masalah itu pasti bakal membuat individu itu 'besar'.

knapa? karena dalam menghadapi masalah, di bawah tekanan masalah, kita akan melakukan hal2 yg (kita harap) mampu menyelesaikan masalah tersebut. kita akan tau effort kita terhadap masalah tersebut. apakah bagus/buruk, serius atau santai, akan tercermin dari hasilnya. hasilnya? baik ataupun buruk gw rasa sama2 akan bikin kita terupgrade. ngutip katanya Thomas Alfa Edison waktu dia gagal mulu bikin bohlam:
“I haven't failed, I've found 10,000 ways that don't work”
oke? jadi bukannya kita akan terus pantang menyerah klo kita mikir kegagalan dalam menyelesaikan masalah adalah penemuan terhadap "cara berhasil-yg gagal". tentunya dilain kali kita akan berhasil melewati masalah itu (tentunya dgn blajar dari kesalahan yang ada..). kembali ke masalah organisasi.

Segala permasalahan yg ada akan dihadapi si organisasi, haruslah disadari si organisasi..atau bahkan mungkin dicari! akan sangat fatal apabila si organisasi bahkan tak dapat menemukan masalahnya sendiri. sudah merasa ideal, nyaman, maka si organisasi akan terus menerus berkutat dalam kenyamanannya. malas utk bergerak ke perubahan. akibatnya? secara gak sadar mereka akan membawa si organisasi dalam kematian. bukan dalam konteks lugas dimana si organisasi bubar atau bangkrut. kematian ini lebih ke arah 'mati rasa'nya org diorganisasi tersebut utk berbuat sesuatu yg lebih,,sudah merasa nyaman,sementara mreka tidak peduli dengan yg ada di luar sana, dan secara tidak sadar, organisasi tersebut akan ketinggalan jauh dengan organisasi lain diluar sana.

sebuah organisasi, dimanapun kurasa akan mengejar apa yg namanya "keidealan". ideal yg menurut si organisasi mungkin tercapainya tujuan, visi, dan misi si organisasi. tapi lantas apakah itu akan menghentikan langkah si organisasi utk bermimpi? harusnya tidak. lagi2 kenyamanannya itulah yg akan membunuh perlahan2 si organisasi. hmm..gw pernah denger klo ga salah jatuhnya kerajaan Islam ke tangan Eropa tu karna si umat muslim sudah terlalu nyaman dgn teknologi yg ada, malah kebawa males, eh jadinya malah kalah pas diserang Eropa. klo ga salah ya bgitu.

nah seinget gw jg Bung Karno pernah bilang gini kira2:
Aku tak ingin Indonesia yang makmur sejahtera! aku ingin kita menjadi negara yang terjatuh, lalu bangkit!
terjatuh lagi, lalu bangkit lagi!
jatuh lagi, lalu bangkit lagi!
jatuh lagi, bangkit lagi!
*seinget gw yakk..googling2 ga dapet kata2 sebenernya..
nah klo gitu jatoh tu hal yg biasa?
hmm..iya kali yah.
mungki disinilah letak kekuatan kita. di kata bangkit setelah terjatuh itulah nilai kita sebagai bangsa yg besar.
awa jg pernah jatoh IPnya..paling parah pas semester 2 TPB.. (IPnya x,xx)
haha..rahasia cuy...
tapi bangkitnya blom signifikan. mungkin bangkit yg awa lakukan tu bangkit yg ga fokus ke IP,,jadinya senaik2nya IP, masi blm memuaskan, tapi ada poin lain diluar itu yg memuaskan..pembenaran deh..

trus, bagaimana si masalah akan bisa diselesaikan klo org gak tertarik? bukannya itu yg bikin orang2 males nyelesein masalah?nah utk poin ini mungkin yg harus ditekankan adalah gimana biar si masalah terlihat menarik, laiknya puzzle,TTS, yg selalu menarik dan bikin penasaran, atau mungkin macam cewe sexy berbusana minim yg ngedipin mata ke kita?
waduh klo yg itu ga tahan lah. intinya bgitu lah (yg awa dpt dr bang joly dulu).caranya gatau boi..

buat seluruh manusia pembelajar, marilah kita sama-sama mencari masalah masing2 dan memecahkannya. jgn terlalu ngerasa nyaman. bwt anak2 HMS: semangat no 1! ketahuilah dalam setiap detik yg terbuang, tidak ada yg sia-sia. kita lah yg mendefinisikan itu berguna atau sia-sia.