Sunday, 13 September 2009

Akibat pulang jam 3 di minggu2 terakhir ramadhan, dimana orang2 berbondong2 mengejar malem mingguan di luar, entah makan2 atau belanja buat lebaran?

oke. kali ini gw akan nulis soal perjalanan pulang gw dari bandung ke jakarta. ehm..maksudnya sawangan.

seperti biasa, gw mesen xtrans dan bayar IDR 70000 karena ga punya KTM (adanya KTM mantan yg dikasi ke gw dulu, itupun yg udah dibolongin pas masuk jurusan), lalu tidur di dalam isuzu elf yang mantap itu. bangun2 jam 5 dan masih km 50an. hell. pas gw bangun itupun juga lagi macet2 gara2 jalan yg menyempit. disebelah kiri ada jalan kosong yg belom selese proses perkerasannya. mobil2 sok rock n roll menerabasnya. klo gw yg bawa mobil bakal turun gw, mindahin beton pembatas buat nutupin jalan baru ntu. ketabrak tu mobil alhamdulillah.

selanjutnya buka di jalan. bahasa gaulnya buka on the road. disingkat b.o.t.r. katanya sih masih sodara sama saur on the road yg gaul itu. cuma klo saur on the road dilakuin dgn niat dan dandan abis2an, klo ni penuh keterpaksaan dan menu sedanya.gw buka pake akua yg dikasi mbak2 xtrans. padahal niatnya mesen jam 3 biar bisa buka bareng kluarga di luar, walau dibatalin gara2 sakit pinggang bokap gw kambuh.

seperti biasa turun di pointsquare, jalan nyerong sampe ke terminal lebak bulus, jalan terus sampe depanan. nunggu angkot yang udah jalan, bukan nunggu angkot yg mo ngetem. cerdas bukan?

first impression gw masuk ni angkot 106: parung-lb.bulus adalah: sopirnya ramah sama penumpang, make bahasa sunda, cem2 ngangkot di bandung lagi lah. bedanya ga ada cewe cakep yg mo naek angkot di jakarta. hahahaha.

satu setengah jam berlalu dan angkot masi mandek di cirendeu.yak cirendeu pusat kemacetan yg menjengkelkan dari gw kecil sampe sekarang. apalagi semenjak dave brownsound keluar dari SUM 41.

padahal, sopir angkot yg tadi gw bilang ramah, jadi beringas di jalan. beringas. klo yang laen gw bilang liar atau agresif, dia beringas. sering caci maki orang yg ga maju2, caci maki orang yg di jalur yg bner (dan dia yg ngembat jalur orang). cem2 robinhood lah, ngerampok jalan buat rakyat kecil kaya kita2. parahnya lagi, klo ada 3 dari 4 lajur yg udah diembat dari arah angkot gw, tu angkot ngambil sisa 1nya lagi. buset. jadi tu jalan keblok bner2 walopun cuma motor2 aja yg lewat. tapi tu motor dengan semangat meneriaki mobil kami. si akang cuma ketawa2 sambil disupport beberapa penumpang. haha. ga bner juga ni penumpang.

hasilnya, Tuhan Maha Adil memberikan karma untuknya. mobilnya mogok di tengah jalan, tapi bentar sih. didorong jalan lagi. demikian lambatnya mobil ni, gw perhatiin ada serombongan mbak2 yg jalan buat malem mingguan di swalayan setempat tampaknya, berkali2 menyalip angkot kami.ckckck.

akhirnya gw putusin. ga boleh gini terus. ambil keputusan utk naik ojek. transportasi paling fleksibel di dunia, bisa naik gunung, nyebrang jembatan orang, bahkan naek trotoar. si empunya motor langsung nembak 30 ribu dari lapangan terbang pondok cabe sampe sawangan. mak. stau gw dulu2 20 ribu. (ini juga mahal). cuma gw ngerti ko kondisi sechaos ini tentunya akan menaikkan harga suatu jasa, bgtu kata adam smith. akhirnya ngojek kita muterin lapanagn terbang pondok cabe, lewat depan UT, kluar2 di 'terminal gagal' cinangka. lanjut sampe sawangan dan rumah gw. di tengah jalan gw termenung dan memikirkan seperti inikah transportasi massal kita? ketika makan-memakan jalan menjadi hal yang lumrah, karna penegakan hukum yang lemah atasnya. atau memang gaji polisi gak cukup besar untuk menertibkan pelanggar2 sperti itu? atau karna kita negara berkembang, bukan kebutuhan negara kita untuk menegakkan ketertiban lalu lintas, karna terbentur masalah 'mencari nafkah' satu pihak?

apakah pinggiran jakarta akan diperhatikan? apakah Mass Rapid Transportation yang 'dikomandoi' Bung Yun'im Hakim Si 04 ,'diotaki' Ardika Maulana Si05, dan 'dipresenteri' Tina Talisa (TVOne) di gedung yang sama, hanya akan mengurusi jakarta? apakah duit proyek itu besar? apakah mereka akan kaya mendadak? apakah dua alumni sipil terbaik ITB dekade ini itu cuma akan mondar mandir bikin kopi di balik kaca saat Tina Talisa membaca berita?

itu akan menjadi satu keping lagi, dari sekian ribu keping yg akan membentuk mozaik tujuan hidup gw.

sampe rumah, mandi cebar cebur.menyantap kepala ikan emas segede glove baseball, minum es nata de coco+ alpuket (kombinasi yg gak pas) bikinan nyokap, dan kekenyangan. doakan gw bisa lebih malas di hari2 selanjutnya. *gerakan menggemukkan badan di sisa ramadhan. Gergembasadhan!