Wednesday, 30 June 2010

mr.nobody : cerita absurd dibungkus videografi yang menendang

absurd. satu kata untuk film yang baru saya tonton, mr.nobody. tentang seorang yang bernama nobody, entah ini julukan atau memang benar namanya. jalan cerita benar-benar absurd. potongan-potongan kehidupan semenjak kecil, lalu masa kininya.

ketika pada akhirnya mr. nobody bercerita tentang kehidupan lamanya untuk didokumentasikan, seakan kehidupannya adalah kehidupan dengan cabang-cabang skenario kehidupannya. dan semua berujung bahwa segala yang dilakukannya, bahkan interview si nobody tua adalah angan-angan seorang nobody kecil, yang mencari-cari skenario kehidupannya, ketika hendak memilih untuk hidup bersama ibunya atau ayahnya, ketika keduanya bercerai. maaf, poin yang barusan sangatlah spoiler. lagipula siapa suruh baca blog ini? hahaha.

padahal sebelumnya tertarik juga dengan makna-makna filosofis yang disisipkan. teori dimensi, ruang, waktu, relativitas, dengan pengambilan gambar yang memukau. bahkan jika ceritanya dan alurnya membuat kita mengantuk, gambar-gambar yang dimainkan sangatlah indah, begitu pula permainan angle yang kreatif. singkat kata, film ini merupakan tutorial videografi modern, dengan cerita yang mengantukkan.

satu hal lagi yang saya sukai. pensuasanaan masa depan yang ada di film ini sangat--saya sukai. detilnya sempurna. fantasinya begitu liar, namun tetap masuk rasio.

ada yang sudah menonton? komen di bawah sini saja dan semoga saya bukan sau-satunya yang berpendapat bahwa film ini absurd.

No comments: