Wednesday, 16 June 2010

secuil dari video klip "wavin' flag"

itulah penggalan bait pertama theme song world cup 2010, penyanyinya namanya k'naan. lagu yang saat ini sering saya dengar. semangatnya terasa. perkusinya mantap.

tapi di luar semua itu. bukan musiknya yang jadi poin penting bagi saya. pada cuplikan seperti pada printscreen youtube di atas. tepat ketika kalimat "give me freedom, give me fire.." gambar yang ditampilkan adalah nelson mandela, peraih nobel perdamaian, mantan presiden afrika selatan, mantan narapidana 27 tahun. padahal sisa video itu adalah cuplikan momen-momen dramatis sepak bola. mantan narapidana 27 tahun. mantan narapidana 27 tahun. boldkan ini.

sekarang beliau adalah orang yang sangat dihormati, bahkan bisa dianggap sebagai nabi bagi kulit hitam di afrika selatan (dan saya bisa membayangkan hal serupa jika hal demikian terjadi di indonesia). bayangkan bagaimana keadaan sebelum orang ini melakukan pergerakan. bisa kita bayangkan tempat umum untuk si putih dan si hitam dibatasi, bus dibedakan, rumah sakit dibedakan, plang-plang "white only" bertebaran.

27 tahun di penjara. bayangkan begitu keluar mental kita seperti apa. penurut sipir, pengikut kebijakan negara. entah apa yang membuat 'si-tak-tahu-adat' mandela ini malah menggila dalam perjuangannya ini. dan perjuangannya berhasil. ini kongkrit.

sekarang, untuk apa hidup kita ini? untuk beberapa golongan yang tidak mampu, untuk bertahan dalam 'takdir' karena lahir dengan ketidakberuntungan. untuk golongan yang terlahirkan beruntung, dengan lebih banyak pilihan hal-hal yang bisa dilakukan, kebanyakan memilih untuk melanjutkan keberuntungan untuk anak-cucunya, sedikit dari yang lain mencari hal lain lebih dari sekedar menyejahterakan anak-cucu.

jika semua manusia mau berbuat seperti mandela. menjadikan hidupnya pengabdian untuk suatu keadilan, kebergunaan untuk orang banyak, hal yang smua orang bisa lakukan, namun jarang yang mau.

jika sejak lahir kita diajari untuk menjadi apa saja yang penting berguna untuk orang banyak. jika penghasilan adalah hal kesekian dalam tujuan hidup manusia. segalanya didasarkan rasa memiliki dunia bersama ini. dan kita semua menutup mata untuk terakhir kalinya dengan damai.









3 comments:

uchielutju said...

nice!

blahblagadah said...

dia narapidana ingris pas jaman penjajahan kali. sama aja kaya soekarno juga mantan napi

muhammad rizqy anandhika said...

loh bukannya secara negara udah mandiri? maksud gw lebih tepat kaya sukarno yg dipenjara pas indonesia merdeka tapi yg megang pemerintah masi org2 belanda?